Jumat, 05 April 2013

Editing


  Proses Capturing hasil shooting

                Proses ini merupakan proses dimana hasil shooting yang tersimpan dalam mini DV dicapture /dipindahkan pada media editing(adobe premiere) di computer . Untuk hal yang pertama mini DV di rewind menggunakan alat rewind  mini DV yang difungsikan agar tidak terlalu melibatkan dalam pemutaran ulang  mini DV,dan untuk menjaga  agar kamera kamera tidak mudah rusak .


Setelah di rewind barulah mini DV dimasukkan dalam hanycam untuk capturing,dipastikan untuk hanycam telah terhubung dengan computer menggunakan kabel fireware yang ter slok ke slot fireware di computer .


Setelah itu pada software editing video adobe premiere di beri perintah capture yang caranya sebagai berikut:


File – capture –klik play dan record dengat tan da bulatan merah(bila transfer data video dari handycam ke computer telah terkoneksi dengan benar bila belum bulatan record masih berwarna abu-abu )


Tunggu sampai selesai (perhatian untuk lama normal recording dengan mini dv >50 menit ,apabila pada proses recording masih di bawah itu dan padahal saat shooting memakai space mini dv full berarti pada transfer data ada error dan dilanjutkan lagi dengan klik play dan tekan record)


Setelah selesai hasil record otomatis berada pada tab video adobe premiere ,untuk selanjutnya dip roses pada proses editing.


 


      Proses Editing 


                Untuk proses editing video pertama kali yaitu cek dan cut video ,dimana hasil video di cek apakah ada yang cacat atau tidak, sembari memotong tiap transisi video /perpindahan sesi pada video,karena konsep yang akan dibuat yaitu video selang seling,maka untuk cutting video dilakukan pada tiap gerakan yang berbeda .


Setelah cek dan cutting video barulah tahap selanjutnya Penempatan  video tersebut  termasuk audionya. Sampai tahap akhir yaitu proses rendering  dengan format mpeg  dengan menggunakan canopus. Tunggu sampai proses render selesai,setelah itu di cek videonya apabila masih kurang sesuai video di edit kembali. apabila telah sesuai ,video  di burning menggunakan nero dengan format vcd.


 


    Burning cd dengan nero


                Proses burning diawali dengan memilih format video yang diinginkan ,untuk ini menggunakan format vcd. Pada bagian interface file burning,masukkan video yang mau di burning dengan pengaturan seperti gambar berikut :


Klik icon nero sampai muncul interface seperti ini


 


Lalu plih format video cd sampai muncul interface file burning  ,dan atur seperti ini


 


Lalu klik next ,pada bagian selajutnya atur seperti ini


 


Keterangan pada bagian writing speed pilih 16x1800kb,dan number of copy sesuaikan pada jumlah cd yang mau di burning,lalu klik next . Tunggu dan masukkan cd blank ke dalam cd rom.


 


 Proses Pembuatan cover


Cover pada dasarnya digunakan untuk memperindah kepingan cd .Hal yang pertama dilakukan untuk pembuatan  yaitu buat screenshot/export frame ( image bagian video)dan di save dalam format .jpg


Caranya : arahkan pada bagian frame yang mau di export .setelah itu klik ctrl+shift+M pada keyboard (shortcut) atau klik file - export file  - frame .


Setelah itu proses pembuatan cover luar dan dalam menggunakan adobe photoshop.


Dengan pengaturan width dan height sesuai standart casing cd yaitu 260 x 180 mm


Seperti gambar berikut:


 


Lalu pada interface adobe photoshop yang muncul klik seperti berikut :


Masukkan image yang telah di export dari adobe premiere tadi untuk dibuat menjadi cover dalam pengaturannya  seperti berikut :


 


Buat lingkaran(sebagai acuan cover dalam) seperti gambar diatas dan letakkan lingkaran tersebut ke center /tepat ditengah-tengah dengan cara seleksei semua dengan menekan ctrl+A ,klik move tool dan plih align vertical center lalu pilih juga align horizontal center . yang hasilnya sebagai berikut :


 


Keterangan : align vertical center dan align horizontal center berada pada jajaran auto select seperti gambar diatas.


Selanjutnya desain cover dalam ter sebut dengan acuan informasi /hal-hal yang harus ada dalam cover  ,yang hasil akhirnya  seperti  ini :


 


Lalu disave dengan format .jpg ,tapi perlu di ingat layer  lingkaran harus dinonaktifkan  pada tab layer  .


Selanjutnya yaitu membuat cover luarnya .


 


Buat sebuah persegi panjang sebagai acuan cover luar atur tepat ditengah-tengah yang caranya sama dengan pembuatan center lingkaran tadi  ,pengaturannya sebagai berikut:object –object tadi menjadi sebagai berikut:


Setelah itu save dengan format .jpg dengan sebelumnya layer persegi panjang di nonaktifkan . simpan dalam satu folder dengan video jadi tadi .


Setelah cover dalam dan cover luar jadi baru ke tahap selanjutnya yaitu printing .


 


      Proses printing cover


Sebelum cover di cetak sebelumnya masing –masing di atur layoutnya dengan acuan cover luar menggunakan acdsee photo slate dan cover dalam menggunakan nero cover designer


 


Tata layout cover dalam


                Tata layout menggunakan software Nero cover designer ,caranya klik nero dan pilih cover designer ,sehingga muncul halaman penentuan jenis cover ,pilih cd standart. Setelah itu drag cover cd dalam ke dalam nero cover designer dan ubah ke settingan master (merupakan ukuran yang telah ditentukan/diatur dari perusahaan sesuai dengan label cd yang digunakan ,karena ukuran label cd berbeda-beda )seperti berikut :


 


Perhatian: untuk drag langsung hanya dapat dilakukan pada nero 7 keatas ,untuk project ini memakai nero 9.dan sebelum cetak harus diatur dulu pada bagian paper stock,contohnya sebagai berikut:


 


 


Setelah itu di cetak /di print dengan penyetingan terlebih dahulu . seperti pada settingan kertas dipilih A4 yang merupakan default label cd dan jenis kertas sesuai yang digunakan misal plan paper .dan jumlah cover yang akan  di cetak dan pengaturan akhir yang sebelum cetak sebagai berikut:


Lalu klik ok ,dengan sebelumnya dipastikan label cd  telah  terpasang pada printer .atur tepat pada pojok kanan printer seperti berikut :


 


 


Tata layout cover luar


Tata layout menggunakan acdsee fotoslate 4 yang merupakan software yang diperhitungkan untuk tata layout.


Klik acdsee foto slate 4 yang iconnya sebagai berikut:


 


Lalu klik 2 kali ,klik new dan letakkan cover luar pada tab paling kiri acdsee ,pada bagian halaman edit design cover  dan atur dimension dengan klik kanan pada page pilih set dimension atur height 180 dan weight 260 mm ,setelah itu klik accept yang di tandai dengan icon centang .


Lalu drag file cover luar yang ada di tab kiri ke dalam page – klik kanan pilih clock counterwise  ,atur kejelasan  cover dengan klik kanan – image editor ,atur level ,brightness dan contrass (brightness di naikkan bila settingan plan paper dan level di auto bila settingan matte .setelah itu  klik centang


Kemudian tahap akhir yaitu print,atur settingan printer sesuai kertas dan berapa banyak cover yang akan di print .


 


    Finishing


                Tahap finishing merupakan tahap perapian cover dengan memotong  pada bagian kosong dan menyisakan bagian sesuai  cover luar,dengan menggunakan cutting paper  .setelah itu letakkan cover luar pada casing  dan cover dalam ditempelkan pada cd .


Kemudian pada bagian akhir masukkan CD ke dalam casing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar